Ticker

6/recent/ticker-posts

Biji Pepaya Ternyata Miliki 9 Khasiat Unik Untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat biji pepaya belum banyak diketahui oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Sebagai negara tropis, buah pepaya sangat mudah tumbuh dan hampir tersedia sepanjang tahunnya.

Selama ini kita lebih suka menikmati daging buahnya saja, hingga mengabaikan biji pepaya, akar, dan kulitnya yang sebenarnya juga memiliki manfaat tersembunyi. Biji pepaya yang memiliki selaput kulit tipis yang licin terkenal pula sebagai bahan obat tradisional.

Biji buah pepaya atau Carica papaya L. secara tradisional dimanfaatkan sebagai obat karena mengandung asam-asam lemak berkhasiat, seperti asam oleat, asam palmitat, asam linoleate, dan asam stearat. Yuk simak lebih lanjut, berikut telah rangkum beberapa manfaat biji pepaya untuk kesehatan, dari berbagai sumber yakni :

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Kutipan dari Jurnal Kedokteran UIN Jakarta, bahwa ekstrak biji pepaya pada berbagai konsentrasi mampu menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan Vibrio Cholera. E. Coli adalah bakteri yang suka hidup di usus manusia dan binatang.

Keduanya termasuk bakteri yang mengakibatkan sakit perut, diare, demam, hingga infeksi usus serius. Konsumsi biji pepaya setiap hari bisa membuat pencernaan Anda kembali normal. Sebagai pencegahan bisa makan biji seminggu sekali atau sebulan sekali.

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan juga berasal dari kandungan seratnya yang lebih tinggi dari daging buahnya. Serat alami yang baik untuk mencegah luka usus, menghindari radang usus, dan mengatasi wasir.

2. Melindungi Kesehatan Ginjal

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan selanjutnya ialah mampu melindungi kesehatan ginjal, sebagai organ yang berfungsi menyaring cairan tubuh yang sudah tidak diperlukan dan dibuang sebagai urin.

Dikutip dari hellosehat.com, sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh African Health Sciences terhadap uji coba tikus. Menunjukkan hasil bahwa tikus yang diberikan ekstrak biji pepaya memiliki ginjal yang sehat dari kerusakan akibat paracetamol.

Studi yang lainnya, dalam Journal Molecules, yang mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan dalam biji pepaya dapat menghambat kerusakan sel-sel ginjal, sehingga menjaga kesehatannya.

3. Meringankan Nyeri Otot

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan berikutnya bisa Anda peroleh dengan mengonsumsinya satu sendok sehari, yakni meringankan nyeri otot. Hal ini karena biji pepaya juga memiliki sifat antiinflamasi.

Selain itu, biji pepaya juga mengandung enzim papain dan chymopapain yang mampu mengatasi masalah nyeri sendi, asam urat, bengkak, arthritis, hingga asma.

4. Membunuh Bakteri Jahat

Sebelumnya Anda bisa memperoleh manfaat biji pepaya sebagai penyerang bakteri E. Coli di pencernaan, namun tahukah Anda bahwa biji pepaya juga memiliki khasiat lain?

Ternyata biji kecil berwarna hitam ini juga mampu membunuh bakteri Salmonella typhi, dan Staphlycoccus aureus, diperkuat dari hasil penelitian dari data Jurnal Farmasi, Universitas Abdurrab.

Biji pepaya dipercaya berkhasiat mengobati penyakit kulit, obat masuk angin, dan sebagai sumber untuk mendapatkan minyak dengan kandungan asam-asam lemak. Cara konsumsinya bisa dengan diseduh atau makan sesendok dan dibantu dorong dengan air mineral, layaknya minum obat.

5. Membunuh Parasit Jahat

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan berikutnya ialah mampu membunuh parasite jahat, terutama amoeba yang tinggal di usus. Hal ini didukung oleh senyawa alkaloid dari biji pepaya, yang bernama karpain dan kandungan enzim proteolitiknya yang cukup tinggi.

Konsumsi jus biji pepaya teratur segelas setiap hari selama seminggu, bisa mengobati akibat sakit yang ditimbulkan parasit tubuh hingga 75 persen. Minum ekstrak biji pepaya kering bersama dengan madu, efektif membunuh parasit jahat dan jamur yang bersarang di usus.

6. Mengatasi Jerawat

Selain buah pepaya yang bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah pembunuh jerawat, ternyata biji pepaya juga memiliki khasiat yang sama. Manfaat biji pepaya untuk kesehatan untuk mengatasi jerawat cara mengolahnya saja yang berbeda.

Pertama, Anda tumbuk halus biji pepaya kering dan daun pepaya. Setelah membentuk pasta, oleskan pada kulit yang berjerawat atau wajah. Ramuan herbal buatan Anda ini akan membantu memperbaiki jaringan kulit dan mengatasi jerawat tanpa efek samping.

7. Mencegah Kanker

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan selanjutnya mampu mengurangi risiko tumbuhnya sel kanker. Mengutip dari hellosehat.com bahwa penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition and Cancer pada 2004. Memperlihatkan fakta menakjubkan, biji pepaya memiliki sifat antikanker karena segudang nutrisi dan antioksidannya.

8. Obat Kontrasepsi Alami

Obat kontrasepsi yang dijual bebas selama ini biasanya memiliki efek samping tersendiri bagi tubuh manusia. Tidak jarang ada yang sampai mengalami kanker, pembekuan darah, serangan jantung, hingga stroke. Beberapa abad wanita di India dan sebagian Asia Tenggara mengonsumsi biji pepaya sebagai pengganti pil KB alami, mengurangi kesuburan.

9. Menjaga Hati Tetap Sehat

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan berikutnya ialah mampu menyembuhkan sirosis atau kerusakan hati kronis. Mengonsumsi biji pepaya, tentunya berperan menjaga kondisi hati bisa bekerja dengan normal. Biji pepaya menjadi detoks bagi organ hati. Cara mengolah biji pepaya sangat mudah, tumbuk halus 6 biji pepaya kering. Lalu tambahkan pada makanan atau minuman Anda.

Itulah beberapa manfaat biji pepaya untuk kesehatan sebagai pencegahan dan pengobatan sakit tertentu. Pastikan mengonsumsi dengan kadar yang tepat. Bisa pula biji pepaya dimakan langsung tanpa dikunyah, cukup dibantu air putih layaknya minum obat. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar