Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengulik Fitur dan Performa Realmi 5 Pro Terbaru Yang Harganya Ramah Kantong

Sebagian vendor ponsel kini berlomba-lomba menghadirkan smartphone dengan quad kamera. Dari mulai Samsung, Huawei, Oppo, Vivo dan tak terkecuali Realme. Walaupun terbilang 'anak baru', submerek besutan Oppo ini berhasil membangun basis pengguna yang lumayan besar. Realme pun cukup gencar meluncurkan ponsel-ponsel baru dengan harga yang 'ramah' kantong.

Tak lama setelah peluncuran Realme X, vendor ponsel ini kembali meluncurkan ponsel anyar Realme 5 dan Realme 5 Pro yang mengusung kamera empat lensa (quad camera). Berbeda dengan Realme X yang menggunakan kamera pop-up, Realme 5 dan Realme 5 Pro kembali menggunakan kamera depan kecil yang kerap disebut sebagai 'dewdrop' (tetesan air).

Dalam peluncurannya bulan lalu, Marketing Director Realme SEA Josef Wang mengungkap Realme 5 merupakan seri terbaru dari rangkaian produk Realme yang semakin populer. Perbedaan mendasar dari Realme 5 dan Realme 5 Pro adalah besaran kamera utama yakni 12MP untuk Realme 5 dan 48MP untuk Realme 5 Pro. Kali ini kita berkesempatan untuk menjajal ponsel anyar RealMe 5 dengan varian ROM 128GB dan RAM 8 GB berwana crystal green.

Desain

Dari sisi desain, ketika melihat bagian belakang ponsel, berbeda dengan desain Realme sebelumnya yang sering menggunakan warna gradasi. Kali ini Realme 5 Pro hanya menggunakan satu warna dengan aksen banyak garis asimetris yang melintang. Garis asimetris yang melintang ini memberikan efek bak 'kristal', cocok dengan namanya Crystal Green.

Masih di bagian belakang ponsel, Realme menyematkan empat kamera yang disusun memanjang ke bawah. Di bawah kamera pertama, Realme menyematkan tulisan '48 MP'.

Selain itu, berbeda dengan Realme X yang menggunakan on-display fingerprint, Realme kembali menggunakan pemindai sidik jari di bagian belakang ponsel. Namun, finishing touch bagian belakang Realme yang glossy membuat sidik jari mudah tertinggal dan membuat kesan 'kotor'.

Layar

Realme 5 pro mengusung layar penuh dengan bezel tipis sebesar 6,3 inci FHD. Realme masih menggunakan desain 'dewdrop' untuk menempatkan kamera depan. Dengan bezel tipis, rasio layar Realme 5 pro mencapai 90,6 persen. Layar Realme 5 Pro ini cukup nyaman digunakan untuk menonton film streaming maupun gaming.
 
Fitur dan Performa
 
Realme 5 Pro hadir di akhir 2019, sehingga ponsel anyar ini telah mengusung Android 9.0 atau Android Pie. Realme 5 Pro ini pun menggunakan kustom UI sendiri yakni ColorOS 6.0.

Dari sisi sistem keamanan, Realme 5 berbeda dengan Realme X yang menggunakan on-display fingerprint. Ponsel ini kembali menggunakan fingerprint di bagian belakang ponsel.

Ketika kita menjajal fingerprint, sistem keamanan ini terbilang cepat untuk dibuka walaupun keadaan jari setengah basah. Begitu pula dengan faceunlock, ponsel ini cukup cepat membawa wajah. Bahkan ketika kita menggunakan kacamata pun, ponsel tidak kesulitan untuk membaca wajah.
Lihat juga:Harga dan Spesifikasi Redmi Note 8 dan 8 Pro di Indonesia

Ponsel kelas menengah ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.035 mAh berbeda hampir 1.000 mAh dengan 'saudaranya' yakni Realme 5. Tak hanya itu, ponsel ini pun dilengkapi dengan VOOC Flash Charge 3.0 yang membuat pengisian baterai ponsel menjadi cepat. kita mencoba melakukan pengisian baterai dalam kondisi 10 persen. Dibutuhkan waktu kurang dari satu jam saja untuk membuat ponsel terisi penuh.

Beralih ke dapur pacu dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 712. Cipset andalan Qualcom didukung kecepatan clock CPU yang ditingkatkan menjadi 2,3 GHz, mesin AI generasi ke-3 yang mempercepat komputasi AI dan GPU Qualcomm Adreno 616. Kapasitas memori Realme 5 Pro tersedia dalam dua varian yakni 4GB 128GB dan 8GB 128GB.

Kamera
 
Seperti yang disebutkan dalam awal tulisan, Realme 5 Pro memboyong teknologi quad camera dalam ponselnya. Resolusi tertinggi dalam kamera utama Realme 5 Pro ini sebesar 48MP dengan besutan Sony dengan sensor IMX586.

Sensor ini diklaim membuat hasil foto lebih stabil. Kamera utama ini memiliki bukaan rana sebesar f/1,7. Tiga kamera lainnya yakni 119 derajat lensa ultra-wide-angle, lensa ultra macro dan lensa portrait.

Realme 5 Pro merupakan ponsel pertama Realme yang memilki kamera sudut lebar (wide-angle) dengan resolusi 8MP. Sementara itu untuk kamera depan, Realme memiliki resolusi 16-megapiksel.
Lihat juga:Ketahui Beda Empat Lensa Ponsel Quad Kamera

Dari hasil uji coba kita, hasil foto Realme dalam kondisi banyak cahaya dan cahaya minim memang terbilang mumpuni. Walau dalam kondisi minim cahaya terkadang gambar cenderung pecah. Namun, fitur Nightscape membuat detail foto di malam hari menjadi lebih bagus dan terlihat detail. Kemampuan kamera realme 5 Pro baru selain ultra-wide adalah lensa ultra makro. Pengguna bisa mengambil objek dengan rentang fokus 4cm.

Kesimpulan dan Spesifikasi

Secara keseluruhan dengan kemampuan yang cukup tinggi di kelasnya, Realme membanderol Realme 5 Pro dengan harga yang terbilang menengah. Terutama salah satu keunggulan adalah dapur pacu dari Qualcomm yakni Snapdragon 712 AIE. Namun, Realme 5 Pro memiliki beberapa kekurangan seperti proteksi layar hanya Corning Gorilla Glass 3 . Padahal Realme X memiliki proteksi layar Corning Gorilla Glass 5.

Kelebihan
  • Fast Charging
  • Quad kamera
  • Cipset Qualcomm 712 AIE
  • RAM besar hingga 8MP
Kekurangan
  • Baterai kalah besar dengan Realme 5 yang memiliki besar 5.000 mAh.
  • Kualitas proteksi layar

Posting Komentar

0 Komentar