Ticker

6/recent/ticker-posts

Spesifikasi Nokia 8.3 Smartphone 5G dengan Harga 10 Jutaan

HMD Global secara resmi meluncurkan smartphone 5G pertamanya secara live streaming di London, pada 19 Maret 2020. Juho Sarvikas, Chief Product Officer HMD Global menjelaskan, Nokia 8.3 menjadi smartphone pertama yang menggunakan Qualcomm 5G RF Front end module solution.

Nokia 8.3 5G menempatkan lebih dari 40 komponen RF yang berbeda dalam satu modul, menjadikannya bukan hanya perangkat kelas dunia namun juga smartphone yang siap untuk 5G tahap lanjut. Nokia 8.3 5G hadir sebagai alternatif yang lebih terjangkau dibanding flagship dan fokus pada dukungan jaringan koneksi 5G, tutur Juho, dalam siaran langsung.

Juho juga menyebutkan Nokia 8.3 5G juga hadir dengan 5G New Radio band mulai dari 600hmz hingga 3.8GHz. Artinya perangkat ini dapat digunakan secara global dan siap untuk masa depan, ujar Juho Sarvikas.

Hadir dengan teknologi 5G, Nokia 8.3 didukung kamera dengan fitur PureView quad camera serta penggunaan ZEISS optics. Kamera tersebut terdiri dari 64 MP sensor utama, 12 MP sensor dengan ultra-wide, 2 MP depth sensor, dan 2 MP untuk lensa makro. Empat kamera tersebut terpasang dalam frame berbentuk bulat yang terlihat unik dan beda.

Kamera utamanya mampu merekam video hingga resolusi 4K serta dalam format log yang setara dengan format RAW pada foto. Format ini menawarkan banyak pilihan untuk menyunting video dengan kualitas lebih baik.

Sedangkan kamera depan menggunakan desain punch hole yang berada di pojok kiri atas layar. Resolusi yang dimilikinya yaitu 24 MP dengan lensa Zeiss oprics yang mampu merekam video hingga resolusi full HD (1080p).

Nokia 8.3 5G memiliki layar berukuran 6,81 inci dengan teknologi PureDisplay dan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 pixels serta rasio aspek 20:9. Ini membuat ukurannya lebih panjang dibanding ukuran standar. Chipset (SoC) yang digunakan yaitu Snapdragon 765G dengan pilihan RAM 6GB dan 8GB serta pilihan storage 64GB dan 128GB.

Sedangkan fitur lainnya berupa konektor USB type-C, tombol Power yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari, serta hadir dalam satu warna yaitu biru atau disebut Polar Night, yang mengambil inspirasi langsung dari langit arctic.

Sementara sistem operasi yang digunakan yaitu Android 10 Pie dengan antarmuka Android One. Dengan dukungan tersebut, Nokia 8.3 5G bakal mendapatkan update ke Android 11 lebih dulu. Untuk daya tahan, Nokia 8.3 didukung dengan baterai Baterai yang digunakan memiliki kapasitas 4500mAh. Untuk harga, Nokia 8.3 5G dibandrol dengan harga EUR599 atau berkisar Rp10 jutaan.

Posting Komentar

0 Komentar