Ticker

6/recent/ticker-posts

3 Macam Tipe Mobil Ambulans Beserta Perbedaan Fungsingya

Mungkin masih banyak yang mengira bahwa semua mobil ambulans itu sama baik spesifikasi sampai fasilitasnya. Namun, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menetapkan ada tiga jenis mobil ambulans yang fungsinya dan peralatannya berbeda-beda.

Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan memiliki pedoman teknis ambulans yang harus ditaati. Kemenkes menyebutkan setidaknya ada tiga fungsi utama ambulans yaitu pertolongan penderita gawat darurat prarumah sakit dan antarfasilitas pelayanan kesehatan.

Kemudian pengangkutan penderita gawat darurat dari lokasi kejadian ke rumah sakit dan kendaraan transportasi rujukan. Ambulans merupakan alat transportasi yang digunakan untuk mengangkut pasien yang dilengkapi dengan peralatan medis sesuai dengan standar, tulis Kemenkes.

Untuk ambulans darat, Kemenkes menyatakan ada tiga jenis ambulans. Tiga jenis mobil ambulans itu memiliki fungsi yang berbeda. Selain itu, fasilitas yang ada di dalam ambulans itu juga berbeda.

Ambulans Transport

Ambulans transport adalah salah satu jenis ambulans darat. Jenis mobil ambulans transport ini adalah mobil ambulans yang tidak dilengkapi dengan peralatan untuk bantuan hidup/life support. Kru ambulans juga yang sedikit memiliki kualifikasi.

Fungsi utama ambulans ini hanya digunakan untuk mengantar pasien dari satu tempat ke tempat yang lain untuk mendapatkan pengobatan. Dalam keadaan tertentu ada fly car/respons unit/quick response vehicle, seorang petugas ambulans dengan kendaraan yang akan melakukan penanganan di lokasi dan tidak membawa pasien dengan kendaraannya.

Namun, mereka akan memanggil ambulans transport ke tempat yang dituju. Kendaraan yang digunakan bisa van, mobil standar, kendaraan roda dua, kuda, atau sesuai daerah masing-masing. Jenis ambulans transport juga bisa berupa ambulans khusus yang digunakan secara cuma-cuma dari yayasan nonprofit tertentu yang disebut charity ambulance.

Mobil ambulans khusus ini termasuk juga bariatic ambulance atau kendaraan khusus sebagai ambulans transport diperuntukkan untuk pasien gemuk atau obesitas dengan peralatan sesuai dengan keperluan pasien.

Ambulans Gawat Darurat

Mobil ambulans gawat darurat atau medical emergency merupakan salah satu kendaraan yang digunakan untuk mengantar pasien yang siap melakukan tindakan pertolongan life support/life saving/bantuan hidup. Ambulans gawat darurat merupakan bagian dari rangkaian pelayanan kedaruratan/emergency medical service. Kru ambulans terdiri atas:

1.Petugas ambulans yang sudah mendapatkan pelatihan life saving.

2.Pengemudi yang sudah mendapatkan pengetahuan basic life support (BLS) dan pelatihan mengemudi yang aman.

Di dalam ambulans gawat darurat, perawat harus ada dan siap melakukan tindakan medis yang diperlukan. Ambulans gawat darurat dapat dibedakan menjadi ambulans gawat darurat general dan ambulans gawat darurat khusus. Jenis mobil ambulans gawat darurat khusus adalah ambulans gawat darurat yang ditambah peralatan medis khusus untuk pelayanan penyakit tertentu.

Kereta Jenazah

Kereta jenazah adalah kendaraan yang digunakan untuk mengangkut jenazah. Kereta Jenazah dapat berupa kendaraan jenis apa saja. Kemenkes menyebutkan jenis kendaraan yang difungsikan sebagai kereta jenazah dapat menyesuaikan kondisi daerah. Untuk membedakan kereta jenazah dengan mobil ambulans lainnya, Kemenkes menyebutkan mobil harus berwarna hitam. Ada pula pengunci keranda yang dapat digunakan untuk menjaga agar keranda tetap stabil. Itulah beberapa jenis mobil ambulans yang berlaku di Indonesia.

Posting Komentar

0 Komentar