Ticker

6/recent/ticker-posts

6 Teknologi Yang Diramalkan Bakal Punah 10 Tahun Lagi

Perkembangan teknologi terus diupayakan dengan pesat untuk membantu pekerjaan manusia. Maka dari itu setiap inovasi baru nantinya akan menggusur teknologi yang sudah tidak relevan. Contohnya kecilnya saja adalah penggunaan pager yang sudah tidak lagi digunakan dan digantikan perannya oleh ponsel untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Oleh karena itu, sejumlah teknologi yang saat ini masih kita pakai. Ada beberapa yang sudah diprediksi tidak akan lagi berguna dalam 10 tahun mendatang. Berikut daftarnya, seperti dilansir dari Business Insider:

1. USB Driver

Dengan majunya perkembangan dari teknologi penyimpanan cloud yang terintegrasi secara online. Nampaknya kehadiran fisik dari USB Driver sudah tidak diperlukan lagi untuk menyimpan data atau memindahkan data. Faktanya, banyak komputer generasi sekarang bahkan tidak menyertakan port USB-A.

2. Kartu Kredit fisik

Penggunaan kartu kredit fisik untuk bertransaksi memang masih eksis hingga saat ini. Namun seiring dengan meningkatnya pembayaran secara digital berbasis smartphone, mungkin diwaktu mendatang kita hanya perlu membawa ponsel ketimbang repot-repot membawa kartu kredit plastik.

3. Tombol fisik di ponsel

Seperti yang kita ketahui banyak produsen smartphone saat ini sudah beralih dari tombol fisik QWERTY menjadi layar sentuh dan beragam sensor lain pada produknya. Tombol fisik di ponsel pun diprediksi sangat kuat akan punah dalam waktu dekat.

4. Kabel charger

Munculnya teknologi pengisian baterai melalui wireless atau bluetooth yang diadopsi diberbagai perangkat saat ini mulai mengurangi kebutuhan untuk pengisian lewat kabel. Maka dari itu, 10 tahun mendatang kemungkinan perangkat yang masih mengisi melalui charger yang ditempel di dinding akan terasa aneh.

5. Jam alarm

Di banyak tempat seperti penginapan hotel sudah cukup langka kita temui penggunaan jam alarm fisik. Apalagi dengan kemajuan smartphone yang sudah memiliki kemampuan yang sama, yakni dapat membangunkan orang di pagi hari, lebih praktis digunakan ketimbang wujud fisik jam alarm.

6. CD atau DVD

Dengan munculnya layanan streaming film dan musik secara digital dapat menggerus penggunaan CD maupun DVD. Banyak aplikasi serta layanan online yang dapat kita gunakan tanpa perlu kehadiran fisik untuk menonton film atau sekedar mendengarkan musik. Nantinya CD atau DVD hanya akan menjadi barang koleksi dan bukan lagi menjadi prioritas.

Posting Komentar

0 Komentar