Ticker

6/recent/ticker-posts

8 Bangunan Paling Keren & Kreatif Hasil Dari Alih Fungsi

Nasib gedung tua, bangunan lama, atau rumah kuno biasanya jatuh di dua pilihan ini. Dilestarikan sebagai peninggalan bernilai sejarah atau diratakan dengan tanah. Namun ada kalanya bangunan-bangunan yang sudah tak terpakai direnovasi dan dialihfungsikan. Jadinya tak jarang kreatif dan di luar imajinasi. Berikut ini beberapa contoh alih fungsi bangunan paling keren yang pernah ada:

1. Menara Jam Diubah menjadi Griya Tawang
Ini adalah bekas menara jam kuno yang diubah menjadi griya tawang (penthouse) di lantai tertinggi sebuah hotel. Jam raksasa beralih fungsi menjadi jendela raksasa yang unik.

2. El Ateneo Grand Splendid
Ini adalah El Ateneo Grand Splendid, bangunan yang disebut sebagai salah satu toko buku terindah di dunia. Toko buku ini berada di Buenos Aires, Argentina dan menempati bekas gedung teater mewah.

3. Crowne Plaza Hotel di Stasiun Tua Indianapolis
Properti ini merupakan salah satu hotel terunik yang dimiliki Crowne Plaza. Berlokasi di stasiun terpadu pertama Indianapolis, Amerika Serikat. Stasiun yang menyatu dengan hotel ini masih beroperasi dan dilewati kereta api secara teratur. Kamar terunik yang mereka miliki terbuat dari gerbong kereta yang direnovasi hingga menjadi kamar mewah.

4. La Fabrica, Bekas Pabrik Semen yang Dirombak Menjadi Rumah Mewah
Bangunan megah yang berada di Barcelona, Spanyol ini adalah bekas pabrik semen zaman Perang Dunia II. Tetapi sekarang dia sudah berubah wajah menjadi sebuah istana mewah dengan interior menakjubkan. Dilansir Bored Panda, rumah yang diberi nama La Fabrica ini dimiliki oleh Ricardo Bofill, seorang arsitek berbakat. Bofill menemukan pabrik semen yang sudah bobrok itu pada tahun 1973. Saat itu, di benaknya langsung terlintas ide untuk merombak bangunan berukuran masif tersebut.

5. Selexyz Dominicanent
Satu lagi bangunan tua yang dialihfungsikan menjadi toko buku mewah. Inilah Selexyz Dominicanen, toko buku yang menempati bekas gereja Dominikan di Maastricht, Belanda. Bangunan ini juga sering masuk daftar toko buku terindah di dunia.

6. Liberty Hotel Boston
Ini adalah Liberty Hotel di Boston. Hotel mewah tersebut menempati properti yang dulunya adalah penjara. Lebih tepatnya Charles Street Jail yang beroperasi di abad 19.

7. Tropical Islands Waterpark
Wahana air Tropical Islands Waterpark adalah taman wisata air yang menempati hanggar pesawat terbang terlantar di Krausnick, Jerman.

8. St. Albans Museum Cafe
Ini adalah bekas ruang pengadilan yang diubah menjadi kafe di Inggris. Sel-sel yang dulunya digunakan sebagai tahanan sementara kini dialihfungsikan sebagai toilet.

Itulah contoh-contoh alih fungsi bangunan paling kreatif yang pernah ada. Adakah bangunan seperti ini di sekitarmu?

Posting Komentar

0 Komentar