Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Mendaftar Kartu Pra Kerja Lewat Online Secara Lengkap

Cara daftar kartu Pra Kerja secara online bisa kamu lakukan di rumah. Minggu ini, pemerintah pusat secara resmi akan membuka pendaftaran Kartu Prakerja secara online. Pemerintah Indonesia menggulirkan program Kartu Prakerja ini untuk mengurangi dampak ekonomi akibat kondisi darurat Covid-19 atau virus corona.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Pra kerja, Denni Purbasari, dalam keterangan resminya menyebut, program Kartu Prakerja ini sasaranya yakni 5,6 juta peserta pada tahun 2020 ini. Pekerja formal ataupun informal yang kena dampak virus corona atau Covid-19 bisa mendaftarkan diri untuk dapat kartu Pra kerja lewat website resmi www. prakerja.go.id. Pendaftaran bisa dimulai pada Minggu kedua bulan April 2020.

Kartu Pra Kerja sendiri merupakan program pemerintah untuk pengembangan kompetensi kerja bagi para pencari kerja, pekerja yang kena PHK, atau pekerja butuh peningkatan keahlian atau kompetensi.

Cara Daftar Kartu Pra Kerja Secara Online

Lalu bagaimana cara daftar kartu Pra Kerja secara online? Apa saja syarat dan ketentuannya?

Syarat Kartu Pra-Kerja:

1.Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia minimal 18 tahun (saat mendaftar)

2. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal

Karena pendaftaran kartu pra kerja baru dibuka minggu ke dua bulan April 2020, peserta harus terus mengupdate berita di laman resmi www.prakerja.go.id. Para pekerja formal maupun informal bisa mendaftar lewat laman resmi tersebut untuk mendapatka Kartu Pra Kerja.

Untuk mendapatkan Kartu Prakerja dari pemerintah, kamu harus tahu dulu cara daftar Kartu Pra Kerja secara online. Namun sebelum kamu mendaftar, kamu harus punya akun terlebih dahulu. Mendaftar akun Kartu Pra Kerja ternyata sangat mudah. Kamu bisa pakai nomor telepon atau alamat email yang masih aktif. Pendaftar pun wajib mengisi data beserta informasi yang benar pada situs resmi. Salah satunya mengisi nama dan data sesuai KTP yang disahkan negara.

Berikut ini cara membuat akun di laman resmi www.prakerja.go.id:

1. Masukkan nomor ponsel atau alamat email yang masih aktif.

2. Klik kolom Daftar

3. Kemudian pilih menu metode verifikasi.

4. Lalu masukan kode verifikasi diterima baik lewat SMS atapun email.

5. Jika selesai, maka pendaftaran berhasil dan kamu sudah punya akun Kartu Pra Kerja.
Mendaftarkan Akun Kartu Pra Kerja

Setelah beres membuat akun Kartu Pra Kerja, kamu bisa langsung mendaftarkan diri. Berikut ini kami jelaskan cara daftar Kartu Pra Kerja secara online lewat website www.prakerja.goi.d:

1. Setelah masuk laman prakerja.goi.id kamu tinggal login akun, dan klik menu daftar Kartu Pra Kerja

2. Setelah itu isi formulir pendaftaran sesuai format yang disediakan

3. Lalu, klik selanjutnya

4. Setelah itu, kamu harus melakukan dan mengisi tes kemampuan dasar.

5. Kemudian, klik selesai.

6. Setelah beres melakukan mengisi formulir pendaftaran dan tes kemampuan dasar, kamu (peserta) akan menerima notifikasi lewat akun kamu yang sudah terdaftar.

Kamu bisa langsung memeriksa status pendaftaran Kartu Pra Kerja lewat akun kamu di situs Kartu Pra Kerja (prakerja.go.id), setelah masuk akun, kamu tinggal klik menu Cek Status Pendaftaran.

Bagaimana, apakah kamu sudah mengerti tentang cara daftar kartu Pra Kerja secara online ini? Perlu diketahui anggaran yang digelontorkan untuk Kartu Pra Kerja ini senilai Rp10 triliun. Rencanaya akan diberikan kepada 2 juta calon penerima manfaat Kartu Pra Kerja tahun 2020.
Dapat Uang Senilai Rp 650 Ribu Perbulan

Para peserta yang berhasil mendapatkan program Kartu Pra Kerja akan menerima uang Rp 650 ribu perbulan untuk biaya transportasi. Nilai tersebut lebih besar dari rencana sebelumnya yang hanya Rp500 ribu/bulan. Rinciannya Rp 500 ribu untuk uang transport selama dua bulan pelatihan dan Rp 150 ribu untuk insentif survei kerja.

Kabar baiknya, selama masa pandemi virus corona atau covid-19, peserta penerima manfaat kartu Prakerja akan mendapat uang total senilai Rp 3.550.000. Rinciannya sebagai berikut: Untuk biaya pelatihan Rp1.000.000, untuk insentif penuntasan pelatihan senilai Rp 600 ribu/bulan selama 4 bulan, dan terakhir insentif survei kebekerjaan senilai Rp 150 ribu/bulan.

Setelah pandemi corona berakhir, maka besaran uang yang diterima akan kembali menjadi Rp 650 ribu perbulan. Dana untuk program kartu Prakerja ini akan diberikan secara non tunai bisa melalui platform OVO, Link Aja dan Bank Negara Indonesia (BNI). Itulah cara daftar kartu Pra Kerja secara online yang bisa kami sampaikan. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Posting Komentar

0 Komentar