Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Mengatasi Mata Lelah & Sindrom Mata Kering

Situasi berdiam di rumah seperti sekarang menjadikan kasur dan gawai menjadi teman terbaik kita. Sayangnya keduanya tak akan berdampak baik jika dilakukan secara berlebihan. Berlebihan menggunakan gawai, TV, maupun komputer di rumah baik untuk bekerja atau hiburan bisa menyebabkan tekanan berlebih pada mata. Hal ini bisa membuat mata menjadi mudah lelah dan kering.

Kondisi mata lelah yang terjadi pada seseorang banyak dialami oleh manusia zaman sekarang karena sejumlah kebiasaan manusia. Kebiasaan menonton TV dalam jarak dekat, membaca, bekerja di depan komputer, atau melakukan aktivitas dalam jarak dekat dengan mata bisa menyebabkan mata lebih cepat lelah.

Dilansir dari Verywell Health, dokter mata menyarankan teknik sederhana untuk mencegah mata lelah. Ketika kamu menatap layar dalam jangka waktu cukup lama, pindah pandanganmu ke titik yang jauh secara rutin. Ubah fokus dari jarak dekat ke titik yang berjarak 20 kaki atau 6 meter.

Bagaimana Cara Mengatasi Mata Lelah

Ketika kamu mengalami berbagai gejala kelelahan pada mata setelah menonton TV atau gawaimu, terdapat sejumlah cara untuk mengatasinya. Berikut sejumlah hal yang bisa kamu lakukan:

- Pijat mata dengan lembut
- Berikan kain hangat pada daerah sekitar mata
- Tidur cukup pada malam hari sebelumnya
- Ubah TV ke yang lebih besar untuk mengurangi mata lelah akibat berusaha fokus
- Jangan lupa berkedip untuk mencegah mata menjadi kering.

Sindrom Mata kering

Masalah lain yang kerap terjadi seiring mata lelah adalah mata menjadi kering. Kondisi mata kering ini terjadi ketika seseorang tidak memiliki cukup air mata untuk membasahi mata. Air mata ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata bagian depan dan menjaga pandangan tetap jernih. Memandang layar dalam waktu lama bisa membuat mata kering sehingga ketika kamu sering melakukannya, kamu bisa menggunakan obat tetes mata.

Posting Komentar

0 Komentar