Ticker

6/recent/ticker-posts

Yuk Tingkatkan Vitamin D Dengan 5 Cara Berikut Ini

Asupan vitamin D yang rendah jadi masalah kesehatan utama di seluruh dunia. Dapatkan vitamin D dengan cara-cara yang efektif seperti berikut. Vitamin D berfungsi menjaga tulang tetap sehat. Vitamin D juga dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, peredaran darah, dan sistem saraf.

Meski tak ada pedoman yang ditetapkan, namun Anda direkomendasikan untuk mendapatkan asupan vitamin D sebanyak 600-2.000 IU per hari. Berikut cara-cara efektif untuk mendapatkan vitamin D, melansir Healthline:

1. Berjemur di bawah sinar matahari

Matahari merupakan salah satu sumber vitamin D terbaik. Paparan sinar matahari membantu tubuh memproduksi vitamin D. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berjemur. Orang berkulit gelap disebut memerlukan waktu lebih lama untuk berjemur di bawah sinar matahari untuk mendapatkan vitamin D daripada mereka yang berkulit terang.

Hingga saat ini, tak ada rekomendasi resmi mengenai lama waktu berjemur. Namun, para ahli sepakat, berjemur di bawah sinar matahari selama 8-15 menit disebut cukup untuk mendapatkan vitamin D bagi mereka yang berkulit terang. Selain itu, semakin dekat tempat tinggal Anda dengan garis khatulistiwa, semakin banyak vitamin D yang bisa didapat sepanjang tahun.

2. Konsumsi ikan berlemak dan makanan laut

Ikan berlemak dan makanan laut adalah salah satu sumber alami vitamin D terbaik. Beberapa jenis ikan dan makanan laut yang kaya akan vitamin D di antaranya:
  • salmon
  • tuna
  • ikan kembung
  • tiram
  • udang
  • ikan sarden
  • teri
Banyak dari makanan ini juga kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

3. Konsumsi jamur

Jamur menjadi satu-satunya sumber nabati vitamin D. Seperti manusia, jamur dapat memproduksi vitamin D setelah terpapar sinar matahari. Jamur liar umumnya mengandung lebih banyak vitamin D dibandingkan jenis jamur yang ditanam secara komersial. Namun, Anda juga bisa membeli jamur yang dirawat dengan sinar UV.

4. Kuning telur

Kuning telur menjadi salah satu sumber vitamin D. Seperti banyak sumber makanan lainnya, kuning telur memiliki kandungan vitamin D yang bervariasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa telur dari ayam kampung bisa memberikan 20 persen kebutuhan vitamin D harian.

 5. Konsumsi makanan yang diperkaya vitamin D

Vitamin D kerap ditambahkan ke sejumlah makanan pokok seperti susu untuk meningkatkan asupan nutrisi. Beberapa makanan yang umumnya diperkaya vitamin D meliputi:
- susu sapi
- susu kedelai dan almond
- sereal
- yogurt
- tahu

Ikuti lima cara efektif di atas demi mendapatkan vitamin D yang cukup sesuai kebutuhan harian.

Posting Komentar

0 Komentar