Ticker

6/recent/ticker-posts

Resep Membuat Kolak Biji Salak Yang Kenyal Dan Nikmat

Mari buka puasa dengan makanan atau yang manis. Itulah kebiasaan buka puasa sebagian besar orang Indonesia. Pasalnya konsumsi makanan dan minuman manis saat buka puasa memang bisa mengembalikan energi secara instan. Karena itu Ramadan di nusantara tak lepas dari takjil. Biasanya berupa minuman atau makanan ringan yang disantap sebagai makanan pembuka sebelum hidangan berat.

Salah satu takjil yang populer untuk buka puasa saat Ramadan adalah biji salak. Jajanan berbahan dasar tapioka ini biasanya disajikan bersama kuah gula merah dan santan. Teksturnya kenyal, pas untuk membangkitkan selera makan. Ingin mencicipi biji salak untuk takjil buka puasa nanti? Coba buat sendiri dengan bahan-bahan dari resep berikut.

Bahan:
  • 300 gram ubi kuning
  • 300 gram tepung tapioka
  • 2 blok gula merah
  • 1/2 sendok teh garam
  • 150 ml santan kelapa
  • 5 lembar daun pandan
  • 1,5 liter air
  • 3 sendok makan tepung tapioka, larutkan dengan 5 sendok makan air
Cara Membuat Biji Salak:
  1. Kukus ubi kuning terlebih dahulu. Setelah itu kupas dan hancurkan sampai benar-benar lumat.
  2. Tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dipulung. Bentuk adonan bulat-bulat sebesar kelereng.
  3. Rebus gula merah bersama dua gelas air. Tambahkan daun pandan yang sudah diikat simpul. Setelah mendidih, angkat, saring, dan sisihkan.
  4. Didihkan air, lalu rebus biji salak sampai mengambang atau matang.
  5. Siapkan panci baru. Tuang air rebusan gula, lalu masukkan biji salak. Rebus kembali dengan api kecil. Tambahkan larutan tepung tapioka.
  6. Aduk-aduk sebentar hingga kolak agak kental, lalu matikan api.
  7. Langkah terakhir adalah membuat kuah santan. Rebus santan dengan sejumput garam dan daun pandan.
Demikian resep takjil untuk buka puasa kali ini. Sajikan kolak biji salak dengan kuah santan untuk menu buka puasa bersama keluarga. Simak resep-resep buka puasa lainnya

Posting Komentar

0 Komentar