Ticker

6/recent/ticker-posts

4 Langkah Mudah Cara Bersihkan Jok Mobil Berbahan Kain

Jok berbahan kulit kerap dipilih karena bisa membuat penumpang lebih nyaman. Tak hanya itu, beberapa orang juga memilih tak melapisinya dengan kulit karena tak ingin mengeluarkan budget lebih.

Apapun alasannya, menggunakan jok berbahan kulit tidaklah salah. Namun, beberapa pengguna kerap mengeluhkan satu hal yaitu sulitnya membersihkan jok jenis ini. Dibandingkan jok berbahan kulit, jok berbahan kain memang lebih sulit untuk dibersihkan jika terkena noda.
Jok Mobil
Namun bukan berarti tak bisa dibersihkan. Selain bisa membersihkannya di salon mobil, Anda pun bisa membersihkannya sendiri. Berikut ini ialah beberapa kiat yang bisa Anda terapkan untuk membersihkan jok mobil berbahan kain seperti dikutip dari laman resmi Nissan :

1. Siapkan Bahan dan Perlengkapan

Jika Anda sudah memutuskan untuk membersihkannya sendiri, maka harus menyiapkan beberapa hal. Setidaknya untuk membersihkan jok mobil berbahan kain, Anda membutuhkan vacum cleaner, cairan pembersih, dan juga sikat. Untuk sikat, usahakan menggunakan sikat gigi bayi. Ini karena sikat gigi bayi memiliki permukaan sikat yang lembut, dengan begitu tak akan merusak struktur jok mobil Anda.

2. Bersihkan dengan Vacum Cleaner

Sebelum mulai membersihkan, hal pertama yang patut dilakukan ialah membersihkan jok mobil dengan vacum cleaner. Hal ini dilakukan agar berbagai debu dan partikel-partikel kotoran dapat terangkat terlebih dahulu. Tahap ini dilakukan pertama juga agar debu maupun partikel kotoran tidak semakin menempel saat jok sudah terkena cairan pembersih.

3. Tuangkan Cairan Pembersih dan Sikat

Cairan yang digunakan sebenarnya ada beberapa jenis. Mulai dari cairan pembersih khusus hingga cairan deterjen. Ya, jika tak mau repot mencari cairan khusus, Anda bisa mencampur deterjen dengan air untuk membersihkannya.

Setelah memiliki cairan pembersih, Anda bisa mengoleskan maupun menyemprot cairan ke noda yang menempel pada jok. Setelah itu, gosok noda perlahan. Saat melakukan hal ini usahakan menggosok searah dan perlahan, dengan begitu struktur kain jok mobil pun tak akan rusak.

4. Lakukan Berulang

Hal yang perlu diingat saat membersihkan noda pada jok mobil berbahan kain ialah harus melakukannya secara berulang. Menghilangkan noda memang tidaklah mudah, karena itu setidaknya Anda harus melakukannya secara berulang. Dengan begitu, noda pun akan hilang secara total.

Posting Komentar

0 Komentar