Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Candi Terindah di Ayutthaya Thailand

Seperti halnya Indonesia, wisata di Thailand juga menawarkan banyak sekali candi yang worthy untuk dikunjungi. Tepatnya di kota Ayutthaya yang terletak 80 kilometer di utara kota Bangkok, kamu bakal disuguhi wisata sejarah candi Buddha dengan segala keistimewaannya.

Nah, kalau kamu suka menjelajah candi dan Ayutthaya menjadi destinasi liburanmu saat ke Thailand, maka lima candi berikut wajib masuk bucket list-mu. Simak baik-baik dan jangan lupa bookmark artikel ini, ya!

1. Wat Phanan Choeng Worawihan

Candi pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Wat Phanan Choeng Worawihan. Candi ini terletak di sisi timur sungai Chao Phraya dan didirikan pada abad ke-14. Atraksi utama Wat Phanan Choeng Worawihan adalah patung Buddha bernama Luang Pho Tho yang memiliki tinggi mencapai 19 meter. Saat mengunjungi Wat Phanan Choeng Worawihan, pastikan kamu memerhatikan larangan menginjak area di sekitar patung Budha tadi.

2. Wat Maha That

Selanjutnya adalah Wat Maha That, sebuah candi dengan kuil yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Ayutthaya. Daya tarik Wat Maha That terletak pada sebuah patung kepala Buddha yang tertanam di sela-sela akar pohon banyan.

Sayangnya, Wat Maha That hanyalah sebagian dari keseluruhan bangunan candi yang didirikan pada tahun 1374. Sebab di tahun 1767, kerajaan Burma sempat memporak-porandakan Ayutthaya dan membakar Wat Maha That.

3. Wat Yai Chai Mongkhon

Dari Wat Maha That, beralihlah ke komplek candi berikutnya, yaitu Wat Yai Chai Mongkhon. Meski area komplek candi gak seluas candi-candi lainnya, namun ada satu hal menarik yang menjadikan Wat Yai Chai Mongkhon tersohor, yakni keberadaan reclining Buddha atau patung Buddha yang sedang berbaring.

Panjangnya sekitar 7 meter dan dibalut dengan jubah safron berwarna oranye. Patungnya sendiri dibangun menghadap ke timur dan sering disebut sebagai Wihan Phra Phuttha Saiyat. Selain patung reclining Buddha, adanya stupa berukuran besar dan tinggi di Wat Yai Chai Mongkhon juga menjadi ciri khas komplek ini dan merupakan landmark Ayutthaya.

4. Wat Phra Si Sanphet
5 Candi Terindah di Ayutthaya Thailand
 Dikenal sebagai candi paling suci di Ayutthaya, komplek Wat Phra Si Sanphet adalah bucket list selanjutnya. Kecantikan Wat Phra Si Sanphet terletak pada deretan tiga buah chedi atau stupa berbentuk lonceng berukuran besar. Lokasi Wat Phra Si Sanphet berada di dalam Royal Palace. Kabarnya, komplek Wat Phra Si Sanphet menjadi kuil percontohan untuk pembangunan Kuil Emerald Buddha di Bangkok.

5. Wat Chai Watthanaram

Terakhir adalah Wat Chai Watthanaram, candi di Ayutthaya yang letaknya berada di sisi barat sungai Chao Phraya. Candi ini menjadi destinasi favorit pengunjung karena kecantikan konstruksinya. Wat Chai Watthanaram memiliki 8 chedi yang mengelilingi bangunan utama bergaya Khmer. Jika kamu datang saat sunset menjelang, kamu berkesempatan menikmati bangunan candi yang bercahaya disinari lembutnya sinar mentari senja. Mau?

Itulah tadi lima candi paling cantik di Ayutthaya, Thailand yang worthy banget untuk kamu kunjungi. Luangkan waktu dari pagi sampai sore biar kamu bisa mendatangi semua. Selamat berlibur!

Posting Komentar

0 Komentar