Ticker

6/recent/ticker-posts

6 Manfaat Mengguyurkan Air Dingin Ketika Mandi

Mandi menggunakan air dingin memang menjadi suatu tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Terlebih lagi bagi mereka yang tinggal di daerah pegunungan ataupun yang memiliki iklim dingin. Namun, siapa sangka jika air dingin terbukti mampu memberikan efek yang baik bagi tubuh khususnya membantu meningkatkan kesehatan fisik maupun mental.

Bagi kalian yang tidak terbiasa mandi dengan air dingin, tidak usah khawatir. Anda bisa tetap mandi menggunakan air hangat untuk mandi, namun cobalah beralih dan mengguyurkan air dingin selama 30 detik ke badan. Hal tersebut tentunya bermanfaat baik bagi tubuh kita. Lantas, apa saja manfaat mengguyurkan air dingin setiap mandi? Berikut informasi selengkapnya dilansir dari laman hellosehat:

Mengurangi Stres

Bagi seseorang yang sedang mengalami stres, cobalah mengguyurkan air dingin ke badan selama beberapa saat. Air dingin akan menurunkan kadar asam urat dan meningkatkan kadar gluta dalam darah sehingga secara umum dapat mengurangi stres.

Dilansir dari Wim Hof Method, mandi dengan air dingin akan membawa tubuh melalui proses yang dinamankan 'hardening'. Proses ini akan membuat otak mendingin sehingga meredakan stres.

Meningkatkan Sistem Imun

Mandi air dingin ternyata juga dipercaya mampu membantu meningkatkan imun tubuh. Hal ini dikarenakan bertambahnya sel darah putih dalam tubuh. Sel darah putih sendiri dipercaya mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Banyak peneliti percaya jika proses ini berkaitan erat dengan peningkatan metabolisme yang menstimulasi respon imun.

Sirkulasi Lancar

Air dingin membantu meningkatkan sirkulasi darah lebih cepat untuk mempertahankan suhu tubuh yang normal. Meningkatnya sirkulasi berdampak pada meningkatnya kesehatan kardiovaskular.

Meningkatkan Kesadaran

Sensasi dingin yang disiramkan ke tubuh selama beberapa saat akan menstimulasi diir untuk mengambil napas dalam sehingga meningkatkan level CO2 ke seluruh tubuh.

Mengurangi Rasa Sakit

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber, paparan air dingin ke tubuh dapat menyebabkan pembuluh darah mengerut, yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan edema yang menyebabkan rasa sakit.

Air dingin juga dipercaya mampu membantu mengurangi nyeri oto. Hal ini dikarenakan air dingin memiliki sifat regeneratif yang dapat membantu menenangkan nyeri otot setelah sesi latihan yang melelahkan.

Menghaluskan Kulit

Air dingin juga dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit. Baik kulit tubuh hingga kulit kepala. Air dingin mampu membantu mengencangkan kutikula rambut dan kulit lewat pengerutan pembuluh darah sementara selagi tubuh bereaksi terhadap perubahan suhu. Kutikula dan pori kulit yang mengencang akan mencegah kotoran dan elemen berbahaya lainnya menyumbat pori-pori kulit dan kulit kepala.

Namun, beberapa orang juga harus berhati-hati dengan air dingin. Apalagi untuk orang yang memiliki sistem imun lemah, dan beberapa penyakit yang berkaitan dengan daya tahan tubuh.

Posting Komentar

0 Komentar