Ticker

6/recent/ticker-posts

7 Tips Agar Segar Dan Tidak Loyo Setelah Tidur

Pernah gak sih kamu bertanya-tanya kenapa bangun tidur malah rasanya capek? Biarpun sudah tidur cukup, rasanya tubuhmu gak berenergi. Malahan, kamu merasa gak bertenaga dan ogah-ogahan. Padahal sudah banyak aktivitas yang menunggu sepanjang hari nanti. Kamu gak perlu khawatir! Dilansir dari laman Live Strong dan Life Hack, ada tujuh cara efektif yang bisa kamu coba supaya makin berenergi setelah bangun tidur!

1. Tetapkan jam tidur dan bangun pagimu, lalu taati!

Tetapkan jam tidur malam dan bangun pagimu. Pastikan kamu gak melanggarnya dengan tidur terlalu larut atau bangun kelewat siang. Tetapkan waktu tidur yang cukup untuk tubuhmu, dengan mengenali kebutuhan waktu istirahat malamnya.

Dengan begini, kamu membantu tubuhmu mengatur ritme hariannya. Secara otomatis, kamu akan mengantuk saat mendekati waktu tidur dan bangun lebih mudah saat pagi. Dan yang pasti, kamu lebih berenergi karena telah tidur cukup!

2. Langsung bangun setelah alarm bunyi

Kamu masih punya kebiasaan mematikan alarm lalu tidur lagi? Jangan heran kalau kamu gak berenergi waktu bangun. Selain bikin kamu terlambat beraktivitas, kebiasaan ini bisa bikin tubuhmu gak karuan.

Setelah mematikan alarm, tubuhmu masuk lagi ke tahapan tidur. Bila kamu terbangun tiba-tiba, otakmu akan bingung. Imbasnya, tubuhmu juga yang kena. Kamu gak merasa segar sama sekali dan jadi loyo. Jadi, segera bangun begitu alarmmu bunyi!

3. Sempatkan melatih pernapasan

Setelah bangun, jangan langsung beraktivitas. Sempatkan waktu untuk menarik napas dalam-dalam untuk melatih pernapasan. Lakukan ini selama dua menit. Selama kamu tidur, proses pernapasanmu melambat. Dengan latihan pernapasan, kamu bisa melancarkan sirkulasi oksigen dalam tubuh dan membuatmu lebih segar.

4. Jangan sepelekan sinar matahari pagi!

Setelah bangun, buka semua jendela untuk membiarkan udara segar dan sinar matahari pagi masuk ke dalam ruangan. Cahaya terang dari sinar matahari memberikan sinyal pada otakmu untuk tidak memproduksi hormon tidur. Selain itu, vitamin D dari sinar matahari juga bisa jadi sumber energi alamimu, loh!

5. Gerakkan tubuh dengan olahraga

Carilah olahraga simpel dan singkat yang bisa kamu lakukan di pagi hari. Entah itu jogging, jalan kaki, senam, lompat, ataupun workout semacam push up, sit up, atau plank.

Menggerakkan tubuh dengan olahraga di pagi hari bisa melancarkan peredaran darah, meningkatkan kewaspadaan, dan mengurangi rasa lelah. Pikiranmu juga jadi lebih fresh dan happy! Bila dilakukan secara rutin, stamina dan energimu bisa bertambah!

6. Mandi dengan air dingin

Menurut laman Healthline, mandi air dingin bisa membuatmu lebih bangun dengan meningkatkan sirkulasi darah, detak jantung, dan kewaspadaan. Awalnya memang bikin menggigil, tapi tubuhmu jadi lebih segar dan anti-ngantuk. Lakukan cara ini selama kamu gak ada masalah kesehatan tertentu yang gak memperbolehkanmu mandi dengan air dingin saat pagi, ya.

7. Jangan lupakan sarapan sehat!

Sebagai waktu makan paling penting dalam sehari, sarapan akan jadi bekal energimu selama beraktivitas nanti. Pilihlah menu dengan nutrisi seimbang. Jangan makan terlalu banyak yang malah bikin kamu loyo. Sarapan yang sesuai bisa bikin kamu makin berenergi dan siap untuk menjalani hari!

Lakukan 7 cara ini secara rutin, dan lihat sendiri hasilnya! Kamu akan bangun lebih berenergi saat pagi hari. Gak ada lagi loyo, malas, atau benci pagi hari. Kamu jadi lebih sehat, happy, dan produktif!

Posting Komentar

0 Komentar