Ticker

6/recent/ticker-posts

Lakukan 3 Langkah Berikut Agar Mobil Terlihat Kinclong

Di luar performa mesin, penampilan mobil tentunya perlu mendapat perhatian. Dikutip dari kantor berita Antara, inilah tips merawat body mobil agar semakin mengilap dengan kaca kinclong, dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).
Lakukan 3 Langkah Berikut Agar Mobil Terlihat Kinclong
Adapun idenya berangkat dari kebutuhan pengguna mobil yang bakal mengoperasikan tunggangan lagi, setelah lama disimpan di saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sebelum membawanya bepergian, perlu disimak penampilannya terlebih dahulu.

Terkadang kita tidak menyadari bahwa tampilan body serta kaca mobil kurang terawat. Pastikan kendaraan bebas goresan, karat, serta jamur di kaca mobil. Selain membuat lebih percaya diri saat berkendara, tentunya juga memberikan kenyamanan serta keamanan bagi pengendara yang mulai beraktivitas di luar rumah lagi pada masa PSBB transisi ini, jelas Herli Barlian, Section Head Used Car & Body Paint Development PT SIS dalam keterangan resminya.

Berikut adalah tiga 3 langkah preparasi fisik mobil dari Suzuki, agar tampilan body semakin mengilap, dengan kaca kinclong. Silakan simak di bawah ini:

1. Menghilangkan goresan pada body mobil

Goresan pada body mobil terkadang sulit dihindari dan kerap kali pemilik tidak menyadari bahwa mobilnya tergores. Untuk mengatasi hal in maka bisa mencucinya di lokasi yang tidak terpapar sinar matahari langsung.

Gunakan compound untuk menghilangkan coretan dan baret halus pada body mobil, gosok bagian itu menggunakan kain microfiber atau busa halus secara melingkar dengan tekanan sedang, sampai goresan tidak terlihat.

Setelah itu, oleskan wax menggunakan busa halus untuk menyempurnakan hasil compound. Ulangi proses hingga mencapai hasil yang diinginkan.

2. Mencegah body mobil berkarat

Body berkarat bisa terjadi karena terkelupasnya lapisan cat pelindung metal pada mobil, sehingga metal terpapar udara luar dan terjadi proses oksidasi yang menyebabkan munculnya karat.
Cara menghindarinya: tidak parkir terlalu lama di tempat lembap.

Kemudian segera cuci terutama bagian bawah mobil jika terkena hujan, periksa karet atau list penahan air di kaca pintu dan segera ganti jika karet sudah bocor atau tidak lentur.
Bersihkan pelat dengan bensin supaya tidak timbul karat jika ada goresan dalam atau cat mengelupas sampai pelat body.

3. Rawat kaca supaya tidak mudah berjamur

Kaca mobil adalah salah satu komponen penting untuk melindungi driver dan penumpang. Utamanya memberikan visibilitas yang baik. Jika tidak dirawat, kaca mobil berpotensi ditumbuhi jamur dari sisa air kotor yang menempel di kaca, menjadi bercak, dan berbekas saat kering.

Untuk menghindari hal ini, Anda dapat mengeringkan kaca mobil dengan sempurna setelah mencuci mobil. Jangan biarkan bercak air menempel dan kering dengan sendirinya pada kendaraan, kata Herli Barlian.

Kemudian lakukan pembilasan dengan air bersih jika mobil terkena air hujan atau air kotor. Jika kaca mobil terlanjur berjamur, lap kaca menggunakan alkohol dan gosok dengan kapas, ulangi proses ini hingga kaca mobil Anda benar-benar bersih dari jamur.

Posting Komentar

0 Komentar