Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Tips Mengatasi Mobil Mogok Ketika Melewati Banjir

Mobil bisa jadi merupakan kendaraan yang tepat saat bepergian di kala musim hujan. Meski begitu ada beberapa hal harus diperhatikan oleh para pengendara.
Salah satunya adalah banjir. Kalau sampai mobil bertemu dengan banjir, lebih baik hindari dengan balik arah. Namun, kalau tidak memungkinkan dan akhirnya mobil jadi mogok ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mengatasinya.

1. Dorong mobil ke tempat yang aman

Mobil jadi mogok biasanya karena ada air yang masuk ke mesin dan menyebabkan korsleting listrik. Coba lakukan starter 2-3 kali lagi. Kalau mobil bisa menyala segera cari tempat yang lebih aman untuk melakukan pengecekan.

Kalau mobil tidak bisa menyala saat distarter, jangan terlalu memaksakan diri. Lebih baik meminta bantuan orang yang ada di sekitar Anda. Minta bantu mereka untuk mendorong mobil agar bisa menepi dan tidak mengganggu pengendara lain.

2. Bersihkan bagian yang basah

Membersihkan bagian yang basah merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi mobil mogok. Buka kap mobil bagian depan lalu bersihkan apa saja yang ada di sana mulai dari busi, kabel busi, koil, dan bagian distributor. Lakukan dengan kertas koran atau kain yang kering.

Lakukan pengecekan untuk melihat ada bagian yang masih basah atau tidak. Jika ada bagian yang masih basah segera keringkan sehingga saat distarter bisa menyala dengan mudah.

3. Starter ulang

Starter kembali sebanyak 2-3 kali hingga mobil menyala. Kalau mobil tidak kunjung menyala berarti ada gangguan di sana. Cabut busi dan bersihkan lagi area di sekitarnya. Lakukan hal ini dengan benar dan kembalikan lagi busi ke posisi semula dan lakukan starter beberapa kali lagi.

4. Periksa bila mobil menyala

Setelah mobil menyala yang harus Anda lakukan adalah memeriksa fungsi dari semua komponen. Pertama masalah rem mobil apakah sudah berfungsi dengan baik atau tidak. Selanjutnya lampu, AC, dan komponen vital lainnya.

5. Segera ke bengkel

Setelah semua komponen mobil bisa berfungsi dengan baik, ada baik Anda segera ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan komponen dengan baik. Kalau Anda memaksakan diri untuk tetap menggunakan mobil, kemungkinan terjadi mogok kembali akan besar.

Biarkan para teknisi di bengkel mengecek masalah apa saja yang terjadi. Dengan begitu, kendaraan yang Anda miliki akan selalu aman saat musim hujan dan terbebas dengan mogok yang mengganggu

Posting Komentar

0 Komentar